Pages

Subscribe:

TIPS AGAR SUKSES BISNIS ONLINE..!

Orang Bilang: "Sukses Adalah Sebuah Perjalanan", dan saya yakin Anda sudah sering mendengar ungkapan ini. Bagaimana kalau kita anggap semua kita yang masih berjalan, baik itu fisiknya atau mentalnya (masih hidup), boleh dong disebut "sukses" ya?. Tak lain maksud saya agar kita selalu... 

 
 
... bahkan sebelum kita memulai suatu usaha (bisnis), karena kita masih diberikan kesempatan. "Kata Hati" serta ucapan memang penting, dan bentuknya yang lebih indah adalah "tindakan". Dalam dunia bisnis maka yang paling mungkin untuk sukses tentu saja adalah dengan benar-benar berbisnis (bukan sekedar rencana). Artinya kita perlu... 


Jangan tunda sampai esok apa yang dapat dikerjakan hari ini... tapi bukan berarti mesti grasa-grusu, ceroboh, tanpa perhitungan, asal pilih, sembarang sabet, dsb. Kita buat lebih lunak sedikit: "Jangan tunda sampai lusa apa yang dapat dikerjakan besok". Jadwal Anda, kasih tanggalnya tentang kapan Anda akan memulai, tanggal berapa?. Atau akan jadi esok terus menerus :) 


 Semua bisnis adalah "SMART ". Bisnis Online adalah salah satunya. Anda tinggal memilih, yang paling cocok dengan selera. Yang tidak akan merasakan nikmatnya hasil bisnis yang sukses adalah mereka yang tidak memulainya. 

Target atau Goal Setting
Goal Setting, atau menentukan target yang ingin Anda capai perlu sangat jelas dan spesifik, baik apa yang ingin Anda capai dan juga time framenya (kapan Anda ingin mencapainya). Salah satu rahasia orang-orang sukses adalah menulis setiap tujuan mereka. Saat Anda mulai menuliskannya maka secara tidak langsung hal ini akan membantu Anda mewujudkannya. Semakin jelas target Anda, semakin akan lebih kreatif pula Anda, sebagian dari usaha Anda bagaikan otomatis jika goal Anda sangat jelas. 

Ilustrasinya,
Jika sangat jelas maksud Anda adalah mau ke Bandung nginap seminggu (dari Surabaya) naik pesawat, maka saya yakin Anda tak akan ketinggalan dompet, tiket, pakaian untuk ganti, mungkin juga oleh-oleh dsb. Sebaliknya kalau Anda sekedar keluar rumah dan tak jelas mau kemana (pokoknya keluar deh), maka bisa jadi tidak ada satu pengingat pun yang akan membuat Anda melakukan persiapan itu. Target yang jelas membuat Anda lebih tau apa yang perlu dilakukan untuk mencapainya.

Demikian pula untuk bisnis Anda.
Buatlah Target yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-bound). Artinya: Spesifik, Dapat diukur, Dapat dicapai, Relevan, dan ada Batas Waktunya.
Of course Andalah yang paling tau apa yang mau Anda capai lewat bisnis Anda. Mungkin ini misalnya:
  1. Mempunyai penghasilan tambahan bersih rata-rata 1jt rupiah per hari dari bisnis ini dalam waktu 2 bulan sejak Anda bergabung. Atau ini...
  2. Beli rumah seharga 1M di Pondok Indah :) dari bisnis ini akhir tahun depan (sebutkan tahunnya) dsb.. pasang taget yang besar dan bisa dicapai ya, harus berani :)
    Saya tak akan melarang Anda membuat Goal Setting sebesar dan setinggi apapun. Ngapain saya melarang Anda bercita-cita yang baik. Right?
    Of course Goal Setting Anda dapat Anda dibuat dari yang jangka pendek sampai yang jangka panjang.


Bersyukur
Jika kita telah menempuh semua yang ada tanda "Centang Biru" diatas tadi, beserta semua keterangan lanjutannya maka yang dapat saya bayangkan tentang Anda adalah Sukses ya :) Saya juga percaya bahwa rejeki tetaplah "misteri" Yang Kuasa. Mana bisa kita memastikan hasil pasti yakan? Semoga Anda setuju kalau saya tulis bahwa yang terbaik adalah bersyukur dan berdo'a dalam arti yang "luas", in anyway :) Semoga Allah swt. membimbing kita dalam berbisnis yang diridhoinya dan untuk tetap bersyukur apa yang telah diraihnya dengan sabar dan tawakal ... Amiiinn. 

0 komentar:

Posting Komentar